Kamis, 13 Mei 2010

Tips dan Trik menghadapi UAN, UM dan SNMPTN

barusan ada adek sepupu yang sekarang baru aja lulus UAN tanya lewat sms..
"Mas Yogiek,ada tips biar bisa lolos SNMPTN,ga?"
langsung aja aku jawab:
"liat di blog-ku aja,yah.."

..
...
terus,aku mikir,perasaan,di blog-ku ga ada deh tulisan macam gitu!
hahaa,,
ya udah,akhirnya aku terpaksa membuat tulisan ini..

Oke,aku sekarang udah kuliah!
Lulusan tahun 2006.
Dulu,nilaiku sebagai berikut :

Bahasa Inggris : 98
Bahasa Indonesia : 100
Matematika : 96,67

Menurutku,tuh nilai lumayan bagus.
Aku bukanlah orang yang pintar!
tapi,aku orang yang rajin!
Mungkin itu point aku "sukses" waktu UAN ma UM dulu.


Next,langsung ke cara belajar aja..
Cara 1 - Les
aku les ga cuman di 1 tempat,Lho.
aku les di beberapa tempat. tapi,bayarnya cuman di 1 tempat!
Hwakakakkkk,,
Gimana caranya?
Gini,neh! aku punya Tips.
Kalo mau,langsung aja dateng ke satu tempat les,habis tuh ikutin aja pelajarannya. kalo ada presensi dateng,tinggal pura-pura tanda-tangan aja.
kan biasanya,tiap les2an tuh ada beberapa kelas.ya pura-pura aja kalo kamu sekalian di kelas sebelah,tapi masuk di kelas yang hari itu!
[ternyata Prinsipnya Ranchoddas Syamaldas Chanchad udah pernah aku praktekin waktu SMA!]
haha,,
dalam 1 minggu,aku les sampe 6 hari!
senin,selasa,rabu,kamis,jumat dan minggu!
capek,capek dah!!!

Cara 2 - Cara belajar
aku punya 1 cara belajar sendiri!
Tiap 1 hari,aku cuman belajar untuk 1 pelajaran. dan itu pun hanya 1 bab. semisal: Senin untuk Matematika, selasa untuk Bahasa indonesia dan bahasa inggris, rabu untuk Fisika, kamis untuk kimia, jumat untuk biologi.
hari senin hanya belajar 1 bab integral aja. belajar mulai dari konsep sampai latihan soal. dan 1 hari itu hanya full untuk 1 bab itu doank.
waktu jam pelajaran kosong,aku gunain aja untuk belajar 1 bab itu.
lebih baik lagi kalo punya buku yang khusus membahas bab per bab, seperti 1001 Soal.

Cara 3 - Refreshing
Berhubung aku les 6 hari seminggu dan tiap hari aku harus belajar untuk 1 pelajaran, maka hari sabtu aku gunain untuk refreshing. sabtu habis sekolah sampe malem,aku ga mau belajar! Mulai nge'game ato maen internet ato jalan-jalan ke gunung ato pacaran.
hahahaa,,

Cara 4 - latihan
Nah,ini yang penting!
setiap hari aku kan dah belajar 1 bab untuk 1 mata pelajaran. Malemnya,aku habisin untuk latihan soal dalam 1 bab tersebut. Buku yang aku gunain waktu itu adalah buku "1001 Soal". ada 1001 Soal Matematika,Kimia sampe Fisika dan Kimia.Udah aku jelasin sebelumnya, kalo sabtu aku habisin untuk maen. Nah,hari minggu-nya aku gunain untuk ikutan Tryout dan belajar soal UAN dan SPMB tahun-tahun sebelumnya. dalam 1 hari minggu itu, kerjain UAN untuk Semua mata pelajaran.habis itu koreksi sendiri dan kasih nilai! Simpan nilainya dalam sebuah catatan.
(Jangan belajar Prediksi soal UAN dan SPMB terlebih dahulu! aku jelasin Nanti).
Dulu,aku ngerjain soal UAN dari tahun 1993 sampe 2005. [sekitar 1600-an halaman]
selain itu,aku habisin juga soal SPMB dari 2000 sampe 2005. [sekitar 200 halaman]

Cara 5 - Koalisi
Nah,ini baru cara CERDIK!
Apa itu CERDIK?
CERDIK itu CERDas dan licIK!
Hwahahaaaa
maksudnya,jauh hari sebelum ujian,tuh liat dan prediksi tempat duduk waktu ujian.
pastikan ada minimal 1 orang temen yang bisa dimintain contekan untuk 1 mata pelajaran. (usahakan orang yang master di bidang tersebut).
Jadi,matematika diserahin ke Budi, Fisika diserahin ke Andi,dlsb. Cara ini hanya digunain kalo waktu ujian bener2 ga bisa ngerjain!
seminimal mungkin jangan dilakukan

Cara 6 - Gambling
ini adalah cara-cara umum dan licik dalam ujian!
Soalnya,emang ada tanda-tanda dimana kamu semua ga perlu liat soalnya,tapi dah tahu

jawabannya.
(yang ini susah,euy jelasinnya).

Contoh aja,Yah:
kalo jawabannya gini:
a. 1-2-3-4-5
b. 1-3-2-4-5
c. 1-3-2-5-4
d. 1-4-2-3-5
e. 2-1-3-4-5

Jawaban E tidak mungkin,soalnya dia paling beda(diawali dengan angka 2).
habis itu,kita bisa mengeliminasi D dan A (ato bisa juga mengambil B dan C)karena ada 2 jawaban yang sama antara B dan C(urutan dimulai dengan 1-3).
Habis itu,jawaban yang diambil adalah C karena dia adalah yang paling Beda.(urutan terakhirnya 5 terus 4)
Tuh,susah dijelasin,kan!

dan 40% jawaban SPMB adalah "C". dari data statistik sampai tahun 2005.
*boleh percaya atau tidak

Cara 7 - Doa dan Orang Tua
Ini adalah sebuah saran Klasik.
tapi,saran klasik yang sangat manjur!!!
perbanyak doa dan Shalat (kalau muslim), ato sesuai agama masing2.
habis itu,sebelum ujian minta doa dari orang tua. kalo perlu,sujud di bawah telapak kaki orang tua temen2 sekalian. (dulu aku gitu)
Setelah itu,waktu ujian, kalo ga bisa ngerjain, berdoalah dan ingatlah kepada orang tua, terutama IBU.
Niatkan bahwa kalo temen2 sekalian tuh Lulus hanya untuk MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA!!!
Bayangkan aja kalo kamu GA LULUS! Gimana hancurnya hati Orang tua!

yah,
itu adalah sekilas tips dan trik untuk menghadapi Ujian UM, UAN atau tes masuk perguruan tinggi.
Semoga bermanfaat..
^o^

8 komentar:

rahma mengatakan...

Ternyata yang ini agak serius! Salut deh sama ke-rajin-an kakak :D
Coba bikin tulisan ini pas aku SMA kelas 3.
hahaa

Riane mengatakan...

oh my, you're a very well planned person.. ga heran nilainya 98-100-96.67 (itu mah bukan lumayan tapi mantaps!! hehe)... mungkin bisa diterapin buat hal lain selain ujian, biar suksesnya juga dapet hehe..

-- visit http://m.rujakasik.com --

Yogiek Indra Kurniawan mengatakan...

Wah,
baru sedikit yang bilang aku ini orang yang rajin!
Hahaha,,

rahma mengatakan...

haha..postingan yg terbaru itu, intinya apa ya ka? :p
*huh! gini nih kalo jadi follower haha

Yogiek Indra Kurniawan mengatakan...

ga ada intinya,sih!
*gini neh kalo jadi blogger ga jelas!
hwakakakkk

rahma mengatakan...

hahah! kayanya sama aja deh ka,
blogku juga isinya cuma curhatan doang,
berasa kaya diary aja sih,
lucu kalo dibaca2 sendiri..hehhee

feri mengatakan...

yah sayang besok udh beradu ma soal2 SNMPTN ..

tips nya ada yg blum dilakuin...

Doakan ya smoga AKU LOLOS.Thanks Infonya

kumpulhacker mengatakan...

" dan 40% jawaban SPMB adalah
"C". dari data statistik sampai
tahun 2005.
*boleh percaya atau tidak"

menarik sekali. ,
trmksh bnyk ts smw info_ny. , :-)

Posting Komentar