Senin, 15 Maret 2010

Koneksi TimeDB dengan Oracle 10g R2

Beberapa saat ini,aku sedang sibuk dengan Tugas Akhir(TA)-ku yang ternyata ribet..
Dulu aku mikirnya,neh TA cuman bikin database biasa..
Tapi,ternyata tak semudah yang aku bayangin..
(ya iya,lah! Mana ada TA tuh mudah! Aya-aya Wae.)

Nah,pernah aku ngabisin waktu seminggu cuman untuk koneksi'in TimeDB ama Oracle 10GR2.
Aku dah ubek2 internet selama seminggu,ga ketemu-ketemu!
Sial bener,dah!
Tapi,akhirnya dengan sedikit berpikir (Ternyata,aku bisa berpikir! Hahaha..),akhirnya bisa juga,neh koneksiin antara Time DB ama Oracle 10g R2.

neh cuman mau sharing aja,buat temen-temen yang mengalami masalah yang sama dengan yang dah aku alamin minggu kemaren..


cara koneksi-in TimeDB dengan Oracle 10g R2 :
1. Pastikan anda sudah menginstall Oracle 10g R2
2. kalo aku,gunain TimeDB 2.2, untuk TimeDB yang lebih jadul lagi,belum aku eksplore.
Hehehe
3. Buka TimeDB.bat anda pake notepad ato editplus,gitu. Habis itu,set classpath untuk Oracle JDBC drivers:

set CLASSPATH=%CLASSPATH%;D:\oracle\jdbc\lib\ojdbc14_g.jar
(itu tempat aku nginstall Oracle. cari file bernama ojdbc14_g.jar, yang biasanya diletakin di folder \lib. nah,alamat itu yang harus anda copy. dan diletakkan di set path.)
4. Luncurkan TimeDB.
5. Klik menu TimeDB->Preferences, kemudian set beberapa parameter sebagai berikut:
Application Dir : (tempat file TimeDB.bat anda berada)
JDBC driver : oracle.jdbc.driver.OracleDriver
JDBC URL : jdbc:oracle:thin:@localhost:1521:YOGIEK
(disini,port standar adalah 1521 dan nama database yang saya miliki adalah YOGIEK)
Bisa anda ganti-ganti,kok.
DBMS : Oracle
habis itu,jangan lupa di-save..
6.Kembali lagi ke TimeDB dan masukkan username dan password yang anda miliki.
(untuk amannya,masuk dulu lewat sqlplus,lalu masuk ke sys ato system dan buat sebuah user baru).
nah user inilah yang nantinya anda masuki lewat TimeDB
6. Klik menu TimeDB->OpenDB
7. Klik menu TimeDB->CreateDB
8. TimeDB anda sudah berhasil digunakan..

Selamat Mencoba..
^o^

0 komentar:

Posting Komentar